Home / AGENDA / 328 Kartu Indonesia Pintar Segera Dibagikan

328 Kartu Indonesia Pintar Segera Dibagikan

Pembagian KIP
Penyerahan Kartu Indonesia Pintar oleh kordinator Kemendikbud Kab. Banyumas, Eko Purwanto (kanan) kepada Bendahara Desa Darmakradenan Hartono (Tengah) didampingi Staff Kasi Kesdaya Ahmad Ansori (kiri).

Darmakradenan_ KIP adalah salah satu program unggulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tertuang dalam Program Indonesia Pintar. Program ini menyasar anak usia sekolah untuk dapat mengenyam pendidikan secara maksimal. Para penerima KIP adalah anak usia sekolah dengan rentang umur 6-21 tahun. Mereka merupakan anak-anak yang sudah terdaftar atau yang akan mendaftar sekolah.

Program Indonesia Pintar melalui KIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu, yang merupakan bagian dari penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Seperti di Desa Darmakradenan sebanyak 328 anak yang terdiri dari 166 anak SD, 119 anak SLTP, dan 43 anak mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP). Penyerahaan perdana di Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang dilaksanakan melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kabupaten Banyumas oleh bagian distribusi kartu, Senin (25/04).

Hal tersebut dikatakan koordinator Kartu Indonesia Pintar Kabupaten Banyumas Eko Purwanto. “Kartu tersebut telah diberikan dan untuk segera di bagikan mulai saat ini (senin- red) kepada masyarakat sesuai program pemerintah pusat.”

Selanjutnya, Eko Purwanto meminta kepada pihak Pemerintahan Desa Darmakradenan agar secepatnya bisa segera diselesaikan dan bisa didistribusikan melalui tingkat RT setempat, dengan melampirkan tanda terima baik sekolah SD, SLTP, dan SLTA. Juga data penerima manfaat kartu harus terpadu, sehingga betul-betul yang mendapatkan kartu adalah yang betul-betul memang harus mendapatkan.

Eko juga menjelaskan tentang pembagian kartu tersebut bagi yang sudah meninggal, sudah pindah alamat, dan juga sudah lulus sekolan serta menemui alamat yang tidak jelas untuk segera dikembalikan di Kantor Desa Darmakradenan pada selasa (3/5) mendatang. Dan bagi siswa yang sudah mendapatkan untuk segera melapor ke sekolah masing- masing.

Sementara pihak Pemerintahan Desa Darmakradenan melalui Staff Kasi Kesdaya Sukron Abidin dan staff Kasi Pembangunan Suyanto, saat ini masih memilah kartu sakti yang masih dibungkus amplop sesuai alamat RT/RW, dan akan membagikan sesuai petunjuk pembagian kartu. (miftahmad79@gmail.com).

About PusInfoDarma

Check Also

Darmakradenan Ciptakan Ruang Partisipasi Dalam Perancanaan Pembangunan

Darmakradenan_PusInfoDarma; Guna mengoptimalkan dan tepat sasaran penggunaan dana desa, Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang mengadakan musyawarah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *