Home / Kabar Desa / Berkurban, Membangun Kepedulian Sosial Antarsesama

Berkurban, Membangun Kepedulian Sosial Antarsesama

kurbanAJIBARANG – Berkurban pada Hari Raya Idhul Adha memberi pesan moral kepada umat Islam, salah satunya membangun kepedulian sosial antarsesama. Berkuraban sapi atau kambing ini disambut antusias seluruh lapisan masyarakat, khususnya warga Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang karena kegiatan itu merupakan suatu ibadah.

Untuk mendukung kegiatan sosial melalui berkurban, warga wilayah RW 08 Grumbul Cipecang Desa Darmakradenan sebelumnya menggalang dana setiap seminggu sekali sebesar Rp 4 ribu. Adapun warga yang memberikan iuran sebanyak 49 orang.

“Dengan menggunakan sistem arisan mereka mampu kurban satu ekor sapi untuk tujuh orang,” terang Ketua RT 7 RW 8, Rajiwan.

Sistem penggalangan dana ini terbilang ringan dan mudah. Tak heran, penggalangan dana dengan metode arisan ini langsung diikuti oleh warga lain di desa setempat. Hasil positifnya, setiap tahun warga bisa menikmati banyak daging kurban.

Rajiwan mengatakan pada tahun sebelumnya warga sangat prihatin karena sulit untuk mendapatkan daging kurban. Untuk memenuhi permintaan daging kepada warga tidak mampu ia harus mendaftarkan daging kurban untuk warganya ke wilayah RT lain.

“Tapi sekarang Alhamdulilah dengan cara arisan di setiap tahun, warga saya yang kurang mampu sekarang bisa berkurban dengan satu ekor sapi untuk tujuh orang,” katanya.

Bahkan, sambung dia, daging kurban ini bisa dibagikan secara luas hingga ke wilayah wilayah RT lain. “Sistem arisan seperti ini sudah berjalan sekitar empat tahun. Ini akan terus dipertahankan dan kami berharap warga terus berpartisipasi memberi iuran untuk kurban pada tahun depan,” paparnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan PusInfoDarma, hewan kurban pada tahun ini tercatat 20 ekor sapi dan 83 ekor kambing. Kegiatan kurban ini tersebar di seluruh Rukun Warga (RW) yang ada di Desa darmakradenan. Hasil pemantauan juga tidak ditemukan indikasi penyakit pada daging kurban. Semuanya layak untuk dikonsumsi.(ip79).

About PusInfoDarma

Check Also

Berkah Muharram, GP Ansor Berbagi Ceria Bersama Puluhan Anak Yatim

Darmakradenan.desa.id; Darmakradenan– Menyambut bulan Muharram 1440 H Gerakan Pemuda Ansor Ranting Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Banyumas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *