Home / Kabar Desa / Empat Belas Titik Bak Sampah Mulai Digarap

Empat Belas Titik Bak Sampah Mulai Digarap

Bak SampahpcDarmakradenan_Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kepedulian lingkungan, Pemkab Banyumas melalui Dinas Cipta Karya membangun 14 bak sampah di beberapa lokasi Wilayah RW Desa Darmakradenan,Kecamatan Ajibarang.

Kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program penanganan sampah merupakan salah satu dukungan terhadap program pembangunan daerah.Penanganan persoalan sampah juga tidak harus tergantung pada peran pemerintah, namun penanganan dimulai dari kita semua sebagai warga masyarakat, sehingga pengurangan sampah dari sumbernya bisa terwujud.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Pembangunan Desa Darmakradenan Rasid saat ditemuai PusInfoDarma di lokasi pembangunan bak sampah, senin (11/8) kemarin. Menurutnya, kerelaan para warga yang memberikan lahan untuk sarana pembangunan bak sampah, merupahkan faktor utama dalam mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

“Masyarakat harus peduli terhadap persoalan sampah, dan harus merasa ikut menjaga kebersihan lingkungan desa ini, Kita akan perang terhadap warga yang buang sampah sembarangan, masyarakat juga harus ikut terlibat,” pungkasnya.

Rasid juga menjelaskan bak sampah yang berukuran 180×160 cm ini dibangun secara permanen di beberapa lokasi RW, jumlah 14 bak sampah tersebut dibangun di wilayah RW 01, 02, 03, 08, dan RW 09. Dari satu bak sampah terbagi dalam dua jenis yaitu tempat untuk membuang sampah organik dan non organik.

Kepala Desa Darmakradenan, Harjono berharap demi terciptanya suasana lingkungan yang sehat bagi seluruh lapisan, masyarakat harus bisa menjaga kebersihan dan jangan sampai membuang sampah sembarangan, mengingat dalam dua tahun ini warga banyak yang terserang DBD. Dia mengatakan, dari jumlah 65 bak sampah yang diajukan beberapa tahun lalu, hanya terealisasi  14 buah. Usai dibangun, lanjut dia, dari pihak pemerintah nantinya bak sampah tersebut akan diserahkan  kepada masyarakat di wilayah RW untuk menjadi tanggung jawab bersama.

Harjono juga mengatakan, sampah-sampah yang ada di bak tersebut nantinya akan dipungut oleh truk sampah  untuk dibuang ke tempat yang telah ditentukan pemerintah yaitu Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Salah seorang masyarakat, Rasito, warga Grumbul Pegawulan tengah mengapresiasi kepada pihak desa yang telah mengajukan pembangunan bak sampah tersebut dan juga kepada pihak pemerintah yang telah memberikan bantuan. Secara pribadi Ia mengatakan, bahwa dengan dibangunnya bak sampah di desa nya, mengurangi tumpukan sampah yang berserakan di lingkungannya. Selain itu, para warga tidak lagi kebingungan kemana mau membuang sampah. “Kegiatan ini lebih ditingkatkan pemerintah demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat di Desa Darmakradenan,” harapnya.

About PusInfoDarma

Check Also

Meriahkan Hari Kartini, Ratusan Siswa Gelar Pawai

darmakradenan.desa.id; Ajibarang- Memperingati hari Kartini, ratusan siswa SD Negeri 3 Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *