Home / AGENDA / GDM Gelar Lokalatih Desa Informasi

GDM Gelar Lokalatih Desa Informasi

Desa 2.0 3PusInfoDarma, Baturaden_ Gerakan Desa Membangun menggelar Pelatihan Program Desa 2.0 di Wisma Indria Prana Baturaden, Banyumas.

Acara yang di gelar sejak Senin (27/10) kemarin dihadiri oleh perwakilan dari desa-desa di Kabupaten Banyumas diantaranya Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor, Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas, Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Desa Ajibarang Wetan, Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor dan juga dari lain Kabupaten yaitu Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.

Pelatihan Desa 2.0 yang disupport oleh Gedhe Foundation merupakan tindak lanjut bagi desa-desa yang sudah konsisten mengisi website desa masing-masing, bertujuan juga untuk memperluas bagi desa yang belum memiliki portal desa. Pendalaman atau pengetahuan tentang Sistem Informasi Desa, maupun dalam menulis berita atau konten di website desa juga mejadi tujuan pelatihan.

Hadir juga dalam acara tersebut Budi Satrio selaku Bendahara di Gedhe Foundation. Dalam acara terpisah dia mengatakan, tujuan diadakan pelatihan ini juga Untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengolah informasi.

“Setidaknya ada tiga poin yang krusial untuk dikawal dalam pengelolaan informasi di perdesaan, pertama adalah perencanaan pembangunan berbasis data desa yang partisipatif, kedua pengelolaan aset dan tata kelola keuangan desa, dan ketiga penguatan kapasitas sumber daya manusia.” Katanya, saat ditemui Selasa (28/10).

Dalam pengelolaan informasi di perdesaan, kata mantan Kepala Desa Melung ini, nantinya akan diinformasikan dalam bentuk website dan sistem informasi desa yang melibatkan partisipasi masyarakat.

Dia juga menambahkan, dalam perencanaan dan pengelolaan pembangunan harus dimulai dengan akses dan pemahaman masyarakat terhadap data dan informasi. “Itulah inti dari desa 2.0, yakni membangkitkan desa dengan partisipasi masyarakat melalui data dan informasi.” Pungkasnya.

Kepala Desa Wlahar Wetan Dodit Widodo, ST, yang ikut hadir dalam acara tersebut menurutnya, keterbukaan informasi melalui website desa sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam kehidupan masyarakat di desa, karena masyarakat dengan mudah dapat mengetahui segala informasi yang ada di website desa, khususnya di Desa Wlahar Wetan.

Hal lain juga diungkapkan Defi Riyani (22), Dalam pelatihan, bukan hanya pelatihan menulis di web, namun ada juga pelatihan dasar komputer. “Dalam pelatihan dasar komputer kita mencoba untuk menemukan solusi tentang masalah yang sering terjadi pada komputer, terutama virus yang sangat menjengkelkan.” Terang staff Kaur Umum asal Desa Dermaji ini.

Peserta dilatih mulai dari pengenalan perangkat komputer sampai pengenalan software. Diajari juga tentang penanganan permasalahan-permasalahan atau kerusakan pada komputer, Instalasi komputer, pengelolaan website desa, pengelolaan dan pengemasan konten, media sosial, dan juga aplikasi Mitra Desa.

“Setelah kegiatan pelatihan ini, peserta diharapkan bisa mengaplikasikan apa yang telah didapat. Terutama untuk bisa lebih cepat menulis konten atu berita kegiatan desa baik bidang pembangunan maupun promosi desanya.” Jelas Aria Rizki, salah satu fasilitator. (ip79).

About PusInfoDarma

Check Also

Berkah Muharram, GP Ansor Berbagi Ceria Bersama Puluhan Anak Yatim

Darmakradenan.desa.id; Darmakradenan– Menyambut bulan Muharram 1440 H Gerakan Pemuda Ansor Ranting Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Banyumas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *