Home / Kabar Desa / Gelar Tradisi Di Sungai Tajum

Gelar Tradisi Di Sungai Tajum

Gebyug Kali okDARMAKRADENAN (PusInfoDarma): Ratusan Warga Darmakradenan yang tinggal di sekitar sungai menggelar tradisi gebyuk ikan di sungai Tajum, Senin (08/9) belum lama ini.

Setiap musim kemarau, hampir semua warga di sekitar Sungai Tajum Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, terutama kaum ibu mencari Ikan di sepanjang Sungai Tajum, sungai Besar yang melintasi Desa mereka.

Gebyuk Kali adalah tradisi sejak dulu di lakukan warga RW 06 Grumbul Kesal dan RW 07 Grumbul Darma Wetan Kali, menangkap ikan dengan menggunakan sirib atau sejenis jaring yang dibuat berbentuk segi empat secara beramai-ramai, gebyuk ikan pun dimulai sejak jaman nenek moyang mereka hingga sekarang.

menurut Saefudin (42) warga setempat.” Tradisi gebyuk ikan itu sudah jadi tradisi warga sekitar sungai Tajum, khususnya warga Desa Darmakradenan selama berpuluh – puluh tahun.”Katanya sambil mengusap keringat.

Dia menambahkan.”Kami serombongan secara beramai-ramai akan berendam menyusuri sungai mencari ikan sampai dapat hingga menjelang maghrib nanti.ucap Bapak dua anak ini.

Selanjutnya menurut Kepala Desa Darmakradenan H.Harjono Fauzan saat di hubungi via ponselnya, beliau mengatakan,”hal itu wajar-wajar saja yang penting tidak menggunakan obat- obatan yang nantinya dapat membunuh benih ikan, kalau ada yang menggunakan obat- obatan akan saya kasih sanksi, karena aturan itu sudah di buat dalam Peraturan Desa,”tegas beliau.

Sementara ikan-ikan yang mereka dapatkan di antaranya ikan Munjair, Tawes, Melem. Bagi mereka dimusim kemarau suatu kesempatan memperoleh banyak ikan di sungai secara gratis, karena debit airnya menyusut sehingga ikan mudah ditangkap.

selain untuk lauk pauk di rumah, ikan-ikan itu juga nantinya untuk di jual.”ini suatu keberkahan bagi saya, lumayan buat beli susu anak,” Ujar joni warga Grumbul Kesal.(ip79)

About PusInfoDarma

Check Also

Berkah Muharram, GP Ansor Berbagi Ceria Bersama Puluhan Anak Yatim

Darmakradenan.desa.id; Darmakradenan– Menyambut bulan Muharram 1440 H Gerakan Pemuda Ansor Ranting Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Banyumas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *