Home / AGENDA / Meriahkan Hari Kartini, Ratusan Siswa Gelar Pawai

Meriahkan Hari Kartini, Ratusan Siswa Gelar Pawai

Ratusan Siswa dan siswi SDN 3 Darmakradenan saat pawai di jalan raya Gumelar- Ajibarang dalam rangka peringati hari Kartini, Jum’at (21/4)

Ajibarang, darmakradenan.desa.id_ Memperingati hari Kartini, ratusan siswa SD Negeri 3 Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jum’at (21/4/2017) pagi menggelar pawai busana adat jawa.

Pawai busana adat dengan mengelilingi jalan raya di sekitar lingkungan sekolah ini diikuti oleh ratusan siswa- siswi.

Hajat tahunan ini berlangsung meriah dan para siswa tampak begitu antusias  dengan busana adat yang mereka kenakan yaitu adat jawa.

Pawai busana adat jawa dengan melintas  di kawasan perkampungan tepatnya di jalan raya  Gumelar – Ajibarang ini sontak menyedot perhatian warga sekitar. Mereka berkerumun di sepanjang jalan yang dilalui para siswa yang mengenakan busana tersebut.

Bahkan sejumlah warga tampak gemas menyaksikan kepolosan tingkah polah para siswa yang dibalut busana daerah tersebut. Meski pawai yang digelar menempuh perjalanan cukup jauh, namun para siswa tidak tampak kelelahan. Mereka tampak begitu bersemangat mengikuti berlangsungnya kegiatan pawai ini.

Khusnul Khotimah, selaku ketua panitia Peringatan Hari Kartini SDN 3 Darmakradenan mengatakan kegiatan ini digelar setiap tahun. Tujuannya selain untuk mengenalkan sosok pahlawan emansipasi wanita RA Kartini, juga untuk meIestarikan seni tradisi serta budaya jawa.

Peringatan Isra Mi’raj nabi Muhammad SAW juga sebagai rangkaian kegiatan serta lomba peragaan busana  dilaksanakan usai pawai oleh siswa dan para guru SDN 3 Darmakradenan.

“Kegiatan ini bukan sekedar peringatan Hari Kartini saja, tapi lebih mengenalkan jiwa-jiwa kepahlawanan kepada para siswa sejak dini,” ungkapnya kepada PusInfoDarma,Jum’at (21/4/2017).

Ia berharap dengan pengenalan dan pengajaran tentang jasa-jasa kepahlawanan sejak dini kepada siswa, bisa menularkan dan membangkitkan semangat untuk belajar demi meraih cita-cita masa depan anak Indonesia.

“Era sekarang, selain harus dibekali ilmu pengetahuan umum dan agama yang komplit, siswa juga mesti memiliki teladan kepahlawanan Indonesia, khususnya RA Kartini,” pungkasnya.

Menurut pantauan PusInfoDarma peringatan hari Kartini juga diselenggarakan di SD lain. Seperti di SDN 2 Darmakradeanan, para siswa sambil belajar juga mengenakan pakaian adat jawa, sementara  di MI Ma’arif Darmakradenan ratusan siswa dan siswi mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan para guru dengan berkeliling kampung. (Miftah Ahmad/MA).

About PusInfoDarma

Check Also

Warga Menantang Maut Disaat Banjir Datang

DARMAKRADENAN.DESA.ID_ Hujan lebat yang mengguyur di Wilayah Kecamatan Gumelar dan Kecamatan Ajibarang berakibat munculnya banjir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *