Home / Lintas Peristiwa / Tebing Longsor, Jalur Ajibarang Gumelar Terancam

Tebing Longsor, Jalur Ajibarang Gumelar Terancam

Tebing LongsorDarmakradenan_ Jalan raya trans darat yang menghubungkan Kecamatan Ajibarang ke Kecamatan Gumelar terancam putus. Pasalnya longsoran tanah di tebing sungai tersebut mengalami kerusakan berat .

Pantauan PusInfoDarma, Minggu (24/04/2016) ruas jalan yang terdapat di Grumbul Cipecang RT 06 RW 08 Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas kerusakan berat di bahu jalan mengalami longsor sedalam kurang  lebih 30 meter ke dasar sungai.

Saat ini kondisi jalan tetap normal, karena tebing yang longsor hanya berjarak kurang lebih satu meter dari pinggir jalan. Namun, kalau terus dilintasi kendaraan berbeban berat, maka tidak menutup kemungkinan badan jalan  juga akan ikut masuk sungai. Kendati demikian sampai saat ini belum ada tanda-tanda peringatan agar pengendara waspada.

Kondisi ini membuat warga semakin khawatir. Jalur tersebut merupakan satu-satunya jalur utama yang dilalui  oleh para pengguna jalan dari Ajibarang ke Gumelar dan sebaliknya. Mulyadi (37) warga setempat mengatakan, longsor itu sudah berlangsung dua pekan lalu dan hampir mengenai badan jalan, karena posisi sungai di bagian tebing tidak terpasang penahan atau bronjong.

Dikatakan bahwa, jika jalan tersebut tidak segera dikerjakan dalam waktu yang dekat, maka suatu saat bisa putus jalurnya. Mengingat hingga sampai dengan saat ini cuaca di wilayah masih belum normal.

Senada dengan Rasim (56), meminta agar tebing longsor itu segera ada penanganan dari dinas terkait sehingga tidak membahayakan pengguna jalan dan puluhan rumah warga. Selain itu diminta juga agar dipasang penahan atau bronjong di tepi sungai biar tidak terjadi longsoran tanah lagi.

“Kalau hujan pasti akan lebih parah lagi, untuk itu kami berharap agar pemerintah cepat tanggap. Kalau dibiarkan maka akan terjadi longsor susulan. Apalagi kalau hujan terus terjadi hingga beberapa hari, saya yakin badan jalan juga akan ikut longsor,” kata Rasim, Ketua RT setempat.

About PusInfoDarma

Check Also

Hujan Angin Mengamuk Satu Rumah Tertimpa Pohon

DARMAKRADENAN.DESA.ID- Angin kencang dan tanah longsor masih mengancam di sejumlah wilayah rawan bencana di Banyumas …

4 comments

  1. Semoga segera ditangani, dan aktivitas warga berjalan lancar kembali

  2. Dinas terkait mohon segera menangani

  3. semoga segera di perbaiki, pasalnya sebentar lagi mau menghadapi musim mudik. kemungkinan aq ya mudik lewat mengono..? hehe… 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *