Home / AGENDA / Usaha Jasa Konveksi Darmaradenan Makin Tumbuh

Usaha Jasa Konveksi Darmaradenan Makin Tumbuh

Jasa Konveksi
Salah satu pekerja konveksi sedang mengerjakan pesanan baju dari Jakarta

Darmakradenan_ Usaha jasa konveksi di Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang bekalangan ini kian tumbuh. Tumbuhnya usaha ini telah membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar, serta diharapkan dapat mengurangi angka urbanisasi.

Berdasarkan data yang dihimpun di Kantor Pemerintah Desa Darmakradenan, mencatat terdapat 15 rumah tangga yang mendirikan usaha jasa konveksi. Padahal, sebelumnya usaha jasa konveksi di desa itu hanya terdapat enam rumah tangga. Masing-masing rumah tangga terdapat dua sampai tiga mesin jahit.

Kasi Kesejahteraan dan Pemberdayaan (Kesdaya) Desa Darmaradenan, Ahmad Miftah mengatakan tumbuhnya usaha jasa konveksi lantaran order dari Jakarta dalam kurun waktu empat bulan terakhir terus mengalir. Bahkan, momen Ramadan order yang diterima dari Jakarta semakin meningkat.

“Di sini sudah terbentuk kelompok-kelompok baru usaha jasa konveksi. Ini semakin menggairahkan perekonomian warga setempat,” katanya.

Dia menambahkan tingginya order ini telah membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar. Apalagi perusahaan konveksi di Jakarta berani menyediakan peralatan menjahit untuk memperlancar orderannya.

“Mesin jahit yang digunakan selain milik pribadi, tidak sedikit pula yang dipinjami oleh perusahaan konveksi di Jakarta,” kata Miftah.

Pemilik usaha jasa konveksi Nur Hayanto juga mengakui mesin yang digunakan sebagian dipinjami dari perusahaan konveksi di Jakarta. “Saya kewalahan memenuhi order yang terus meningkat. Apalagi mesinnya hanya satu, jadi akhirnya dipinjami dari Jakarta,” katanya.

Dia menambahkan dalam 10 hari bisa mencapai 100 lusin. Rata-rata jasa konveksi mampu mengirim pesanan hingga 1000 lusin pakaian anak dan dewasa. Adapun upahnya berkisar antara Rp 17.500 – Rp 25.000 per hari.

Ekonomi Keluarga

Keberadaan usaha jasa konveksi ini memberikan dampak positif bagi warga sekitar karena dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga. Saat ini warga yang bekerja tidak hanya berasal dari Darmakradenan saja, melainkan dari wilauah Kecamatan Jatilawang, Pekuncen dan sebagian dari Kabupaten Cilacap.

Salah satu karyawan usaha jasa konveksi Diwan (41) menuturkan penghasilan menjadi buruh konveksi sangat membantu untuk menambah pemasukan keluarga. “Saya memilih pulang kampung dan mending bekerja di sini. Hasilnya lumayan untuk tambahan hidup keluarga,” ucapnya.

About PusInfoDarma

Check Also

Titik Rawan Bencana Terpantau Aman.

Darmakradenan– Sejumlah Grumbul di Desa Darmakradenan yang rawan longsor pada musim penghujan hingga kini terpantau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *