Home / Kabar Desa / Goa Darmakradenan Jadi Obyek Wisata Baru

Goa Darmakradenan Jadi Obyek Wisata Baru

Goa Srewiti Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, (Foto: Miftah Ahmad untuk darmakradenan.desa.id)

DARMAKRADENAN.DESA.ID; Ajibarang- Masyarakat Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas mampu memanfaatkan lahan milik perhutani menjadi sebuah lokasi wisata. Pembangunan lokasi wisata yang saat ini masih dalam tahapan persiapan diharapkan dapat menumbuhkan perekenomian warga desa.

Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Banyumas untuk inovasi pengembangan desa di tahun 2019 dengan menggali potensi alam yaitu goa yang ada di daerah pegunungan menjadi obyek wisata.

Keputusan ini merupakan hasil musyawarah antara Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Darma Jaya, Kelompok Tani Hutan (KTH) Lembah Goa Damar, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Permata, dan juga Pemerintahan Desa serta warga masyarakat.

Pesona alam Desa Darmakradenan selain dikelilingi perbukitan kapur, juga menyimpan puluhan gua atau goa. Antara lain Goa Sumur, Goa Srewiti, Goa Damar, Goa Lawa, Goa Kemit, Goa Mol dan Goa Barat, Goa Kromong, Goa Lawang, Goa Gandul, dan juga Goa Kemit.

Lokasi Wisata Goa Damar Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. (Foto: Miftah Ahmad untuk darmakradenan.desa.id)

Dari sejumlah goa tersebut, saat ini dalam tahapan pembangunan wisata yaitu Goa Damar dan Goa Srewiti tepatnya di Grumbul Sidoarjo RW 9 Desa Darmakradenan, yang barada ditepi jalan raya Ajibarang – Gumelar.

Ketua LMDH Warna Darma Jaya Desa Darmakradenan Doni Sugianto mengatakan, tahapan pembangunan goa srewiti saat ini masih dalam proses perijinan kepada pihak perhutani, serta proses persiapan yaitu pembuatan akses jalan dengan melibatkan warga sekitar, Minggu (29/09/2019). Dia sangat berharap adanya dukungan dari masyarakat desa juga bantuan dari pihak pemerintah baik dari pemerintahan daerah maupun pusat.

Sementara Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Lembah Goa Damar) Rugito Abdul Kohar mengatakan Persiapan pembangunan wisata yang berada di Goa Damar juga masih melibatkan warga sekitar.

Warga juga berharap untuk segera diselesaikannya pembangunan obyek wisata goa- goa yang ada di Desa Darmakradenan guna mensejahterakan masyarakat desa.

Kepala Desa Darmakradenan Imam Wasingun Soleh mengatakan, Pembangunan untuk sarana dan prasarana wisata Goa yang ada di Desa Darmakradenan baru akan dianggarkan pada tahun anggaran 2020.

About PusInfoDarma

Check Also

Begini Pesan BPD saat sambutan malam resepsi HUT RI Ke- 73

DARMAKRADENAN.DESA.ID; Ajibarang- Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Darmakradenan H.Rohim menghimbau kepada seluruh masyarakat agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *